Saturday, October 20, 2012

Ini yang Namanya Pendidikan?

Selamat Pagi, Siang, Sore, ataupun Malam gue ucapin kepada para silent reader blog gue :p hehe.. soalnya gue ga bakal tau lo kapan bakal baca blog gue :p

Kali ini gue pengen bahas seputar pendidikan di Indonesia nih yang cukup memprihatikan. Menurut lo, apakah Indonesia sudah mempunyai pendidikan yang LAYAK bagi seluruh rakyat Indonesia? kalo gue boleh jawab sih ya, cuma orang kaya dan banyak duit aja yang bakal dapet pendidikan yang layak bagi mereka. Nah yang kurang mampu? Apakah mereka dapet pendidikan yang layak? Mereka selalu aja putus sekolah, mau sekolah juga susah.

Gue juga sering ngeliat beberapa reality show di salah satu stasiun TV swasta yg cukup terkenal, kebanyakan orang pinggiran atau yang kurang mampu pengen ngelanjutin pendidikannya tapi terhalang oleh biaya. sedangkan Indonesia mempunyai hutang-hutang ke negara lain yang gue bisa simpulkan, hutang-hutangnya bisa bikin rakyat-rakyat kecil langsung makmur kalo di pake tanpa ada korupsi atau apalah yang ga jelas, yang suka ngambil duit rakyat, apa lagi Gayung, eh siapa? yang udah di penjara tapi masih sempet-sempetnya ke Bali. Apakah itu sosok generasi penerus bangsa? yang suka karupsi? yang suka ngambil duit rakyatnya? Apa mereka lupa kalo kita itu satu, Pancasila! Pertama pada pedoman sila ke 2 "Kemanusiaan yang adil dan beradab". adil.. Iya adil. Cukup adilkah yang miskin selalu tertindaas dan yang kaya selalu menindas? Dan beradab. apakah yang namanya korupsi itu adab yang baik bagi Indonesia? Ngga kan? terus kenapa para pemimpin kita yang udah kita pilih dengan cara PEMILU luberjudil, yang kita percaya bahwa mereka adalah calon pemimpin yang baik bagi Indonesia malah korupsi? kepikir ngga sih pendidikan Indonesia itu bagaimana? Sorry kalo bahasa gue agak kasar, tapi ini memang realita Pendidikan Indonesia aja yang kurang gue seneng. Jujur aja gue sedih liat Pendidikan Indonesia yang kaya begini.

Belom lagi akhir-akhir ini lagi ribut-ributnya masalah tawuran antar sekolah sampe ngerenggut korban jiwa yang jelas-jelas itu bukan genk yang ikut tawuran. Alm Alawy mati tertusuk di bagian perut. Gue kaget, kasian ngeliat orang tuanya nangisin anaknya yang meninggal, Alm juga di dengar-dengar merupakan sosok yang lumayan berprestasi di sekolahnya. Meninggal begitu saja karena tawuran yang ga jelas sebabnya apa. Miris!

hmmm.. terus lokasi sekolah di pelosok-pelosok Indonesia yang ga layak buat di sebut sekolah. Inget loh Pak Presiden, Bapak dan Ibu Departemen Pendidikan, Indonesia itu besar, ga cuma Jabodetabek. tolong perhatikan pendidikannya di Indonesia.


kalian bisa liat kan? miris banget. Mereka cuma ingin menempuh pendidikan sampe-sampe mereka harus nyebrang sungai buat sekolah. Kalau misalkan arus sungainya deras, kebayang ga? bisa-bisa cuma karena sekolah, dapat merenggut nyawa salah satu anak-anak ini :(

ga cuma itu aja, gue bakal ngeshare gambar-gambar bagaimana kondisi pendidikan kita di Indonesia..
jangan geleng-geleng kepala ya liatnya!

kalian bisa tebak ini dimana? ini di kandang Sapi, sekolah Madrasah.

ini mereka demi sekolah loh, sampe nyebrangin sungai dengan seutas tali tanpa pengaman. kalo ga hati-hati? mereka ga bakal selamat :)

nah yang ini. kebayang mereka susah payah buat sekolah tapi kalo sampe sekolah terus hujan? mereka percuma ke sekolah, sekolah merekapun ga layak juga. Jarak yang d tempuh mereka pun juga ga deket. mereka harus menempuh jarak puluhan kilometer dari rumahnya hingga ke sekolah. disana sekolah pada jauh, ngga ada yg deket.

itu sudut pandang pendidikan di pelosok-pelosok desa yang mempunyai semangat sekolah yang tinggi. Nah ini di kota...
yah lo liat sendiri aja deh!

mereka malah tawuran, saling pukul memukul. mereka merasa mereka adalah JAGOAN. Iya, pinter berantem itu hebat, beda sama anak-anak di desa yang mereka inginkan hanya belajar dan belajar.



ini nih yang udah jadi kebiasaan buruk masyarakat Indonesia. masih kecil udah ngerokok. ga sayang badan sendiri. mungkin Pendidikannya kurang bagus atau gimana, gue ngga ngerti.

udah segini aja opini tentang pendidikan yang gue ketahui :) thank you, dan maaf kalo agak kasar secara ngga langsung ;)

No comments:

Post a Comment